Pasar
adalah salah satu pusat perekonomian di Indonesia. Di sinilah
terjadinya proses jual dan beli barang-barang kebutuhan hidup
sehari-hari. Mungkin kita tidak sadar ternyata ada banyak bentuk pasar
yang ada di sekitar kita. Berikut ini beberapa bentuk pasar yang ada di
Indonesia:
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar
ini mempunyai jumlah produsen dan konsumen yang sangat banyak. Selain
itu, jenis barang yang dijual cenderung sama atau mirip. Harga barang
yang dijual di pasar ini ditentukan dengan mekanisme tawar menawar
sehingga pedagang sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata. Namun
pasar ini sangat sensitif terhadap perubahan harga.
2. Pasar Monopilistik
Jenis
pasar ini mirip dengan pasar persaingan sempurna. Pasar ini mempunyai
jumlah produsen atau penjual yang banyak dengan produk yang sama atau
sejenis. Akan tetapi, konsumen produk tersebut berbeda-beda antara
produsen yang satu dengan yang lain. Produsen atau penjual hanya
memiliki sedikit kekuatan untuk merubah harga barang yang dijual. Untuk
unggul dalam pasar ini, diperlukan strategi khusus yang tentunya berbeda
antara produsen yang satu dengan produsen yang lain.
3. Pasar Oligopoli
Pasar
ini didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam suatu wilayah
atau area. Harga produk yang dijual dalam pasar ini relatif sama. Produk
yang unggul dengan kualitas bagus akan menjadi kunci sukses produsen
atau penjual di pasar ini.
4. Pasar Monopoli
Pasar
ini mempunyai satu produsen atau penjual. Tentunya tidak butuh strategi
khusus untuk menjual barang pada pasar ini. Umumnya pasar ini dikuasai
oleh pemerintah yang ditujukan untuk kepentingan orang banyak. Akan
tetapi, hanya ada satu alternatif pilihan barang tanpa adanya pilihan
barang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar