Pengertian
situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari
simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh
sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia
maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring
sosial).
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
1. MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2. Friendster
Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster, adalah
sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat
identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan
account di Friendster. Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari
teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita
sendiri.
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
3. Hi5
Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
3. Hi5
Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008
termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi
oleh pengguna internet di seluruh dunia (sebagian besar orang yang mengunjungi
Hi5 terinstall toolbar Alexa dalam browser mereka. Pendiri Hi5 sendiri yakni
Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO. Pada bulan
Januari 2009, Hi5 mengklaim dirinya memiliki lebih dari 60 juta anggota atau
member aktif.
4. Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang
diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang
lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada
awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya,
keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College,
Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan
semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang
selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti
.edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
4. Twitter
Twitter
adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan
fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa
tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan
instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin.
Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
5. Linked In
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi
bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007
situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri
dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund. LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006
6. FUPEI
Jika anda melihat judulnya pasti
anda terkecoh karena pasti anda menebak situs ini berbau Jepang atau Cina.
Ternyata anda salah, situs ini buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah
kependekan dari Friends Uniting Program Especially Indonesian adalah sebuah
situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak
untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari
booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI
yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia
merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik,
video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama
fupeis.
7. Bebo
7. Bebo
Bebo
adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada bulan Januari
2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk Irlandia, Kanada, Amerika
Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia. Versi bahasa Polandia sudah
dirilis yang menggunakan database user yang berbeda. Ada planning untuk merilis
versi bahsa Prancis, German dll. Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi
Birch, Bebo diluncurkan secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
"Bebo" adalah kependekan dari "Blog early, blog often".
8.
Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba (Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India 20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang diseluruh dunia.
9. Yahoo! Meme
Sudah tahu-lah siapa yang membuat situs jejaring ini.
Yahoo! Yap, Yahoo! merilisnya merilisnya pada bula Agustus 2009. Yahoo! Meme
atau sering disebut juga Yahoo! Mim, nama meme sendiri tidak memiliki arti
khusus. Namun, istilah "meme" di web dikenal sebagai sesuatu yang
menyebar dengan cepat dan perhatian semua orang.
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
Istilah ini diambil dari sebuah buku berjudul "The Selfish Gene" karya Richard Dawkins yang diterbitkan pada tahun 1976. Kata "meme" menurut Richard Dawkins mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi. Jadi harapan Yahoo! memberi nama "Meme" tidak lain tidak bukan supaya Yahoo! Meme menyebar dengan cepat, seperti duplikasi gen dalam biologi.
Yahoo! Meme hampir mirip seperti Twitter. Kenapa mirip ? Yahoo! Meme memiliki kemiripan fitur seperti Twitter yakni @reply (balasan) dan direct messages. Meme juga memiliki kemiripan lainnya yakni menganut sistem follower seperti Twitter dan juga Repost (yang dalam Twitter dikenal dengan Retweet).
10. Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni
Meme dan satu lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga
dengan Koprol ? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan salah satu
jejaring sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda
check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS tanpa
adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda dapat melihat
user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo! tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang tidak disebutkan.
11. Tumblr
Tumblr, sekarang menjadi salah satu jejaring yang
banyak diminati kalangan muda. Salah satu micro-blog atau jejaring sosial yang
anda dapat coba. Tumblr dibuat oleh David Karp pada tahun 2007 dan sampai
sekarang sudah memiliki user kurang lebih sebanyak 3 juta orang. Berdasarkan
posting David Karp di Tumblr Staff blog pada 15 Maret 2010, rata-rata 2.000.000
posting dibuat dan 15.000 pengguna baru setiap harinya.
12. Plurk
Plurk, pasti sudah banyak yang dengar dan pakai
jejaring sosial satu ini. Plurk dirilis pada tanggal 12 Mei 2008. Plurk sendiri
sangat populer di Taiwan, Filiphina dan Indonesia. Plurk sendiri merupakan
akronim dari Peace, Love, Unity, Respect dan Karma. Plurk memiliki keunikan
tersendiri dibanding dengan jejaring sosial lainnya, yakni plurk akan
memberikanreward kepada plurker (sebutan bagi user plurk)
yang dikenal dengan nama karma. Karma akan diberikan berdasarkan jumlah response terhadap
plurk yang di postingseseorang, keaktifan dalam pertemanan dan jumlah
perekrutan anggota baru.
13. Google +
Yak. Ini dia
layanan jejaring sosial yang paling anyar dari Google. Setelah (mungkin) gagal
dengan jejaring sosial atau layanan yang dulu pernah dirilis seperti Orkut,
Google Wave dan Google Buzz akhirnya Google mampu berbangga hati. Layanan
terbaru dari Google ini meskipun masih versi beta, namun sudah banyak
teman-teman saya yang tak sabar ingin menjajal fitur apa saja yang ada di
dalamnya.
Google + (Plus.red) ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang dan termasuk saya. Menurut para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi Facebook, bahkan Google sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama lagi akan menggulingkan Facebook.
Google + (Plus.red) ternyata sudah mampu menyedot perhatian banyak orang dan termasuk saya. Menurut para pakar IT, Google + merupakan pesaing kuat bagi Facebook, bahkan Google sendiri sepertinya merasa bahwa Google + tidak lama lagi akan menggulingkan Facebook.
Tapi
sayangnya untu saat ini, Google + hanya dapat digunakan bagi segelintir orang
saja dan hanya bisa dinikmati via undangan dari para pengguna yang sudah
terdaftar karena Google + untuk saat ini masih dalam uji coba alias beta
version. Lihat ulasan lengkapnya disini.
|
14. Heello
Ya ini dia salah satu
jejaring sosial (social networking) terbaru setelah Google + (Plus) yang di
rilis bulan Juni lalu. Jejaring sosial yang satu ini baru saja dirilis beberapa
hari yang lalu (Rabu, 13/8/2011). Heello digadang-gadang bakal jadi pesaing utama twitter.
Heello di dibuat dan dirilis oleh Noah Everett (yang juga "menemukan" Twitpic). Bisa dibilang ini Hello merupakan kloning dari saudara tuanya yakni Twitter. Lihat saja beberapa tampilannya yang
Heello di dibuat dan dirilis oleh Noah Everett (yang juga "menemukan" Twitpic). Bisa dibilang ini Hello merupakan kloning dari saudara tuanya yakni Twitter. Lihat saja beberapa tampilannya yang
hampir mirip. Mulai dari batas karakter untuk sharing
status, username yang menggunakan @username seperti Twitter, Replies dan
sebagainya. Lihat ulasan lengkapnya disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar