Pages

Selasa, 29 Januari 2013

Indonesia Masih Hadapi Sejumlah Masalah TIK (Nuradi 17)


BERITA - sains.infogue.com - Indonesia masih menghadapi sejumlah masalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK), di nya adanya kesenjangan akses informasi di pusat dan daerah.

Pengayaan informasi dan pembangunan infrastruktur komunikasi di Indonesia juga masih lemah dan hal-hal lain yang harus dikembangkan untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain, kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring di Tanah Datar, Sumbar, Selasa.

Dalam acara serah terima Program Asia Pasific Tel munity JAPAN 3 (APT-J3) dan Fiber Optik bantuan Pemerintah Jepang di Gedung Indo Jalito Batusangkar, Menkominfo mengungkapkan bahwa setiap negara berkembang melalui kebijakannya menstimulus perkembangan teknologi untuk mengejar ketertinggalan.

Apabila tidak memacu perkembangan teknologi, kata Tifatul, suatu negara akan terus tertinggal dan menghadapi sikap marjinalisasi di dunia global.

Dengan TIK, kepala daerah dan pimpinan akan dapat mengambil keputusan atau kebijakan dengan cepat, jelas, dan efisien.TIK juga bisa menjadi solusi terbaik untuk pengembangan ekonomi masyarakat, hanya dengan satu persen investasi di TIK akan bisa meningkatkan ekonomi 3 sampai 5 persen.

Namun, pada sisi lain Tifatul menekankan pentingnya pengawasan terkait perkembangan teknologi informasi yang dibarengi dengan derasnya arus informasi yang sebagian berdampak buruk atau tidak mendidik.

Satu bukti sering disampaikan, Tifatul menyontohkan, bahwa 10 dari 75 tanyangan televisi berpotensi merusak karakter bangsa dan itu harus dikontrol oleh semua pihak. Demikian juga dengan arus informasi yang cepat melalui Internet.

Menkominfo juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan hibah dari pemerintah Jepang terhadap kemajuan TI di Indonesia. Tifatul mengingatkan Pemkab Tanah Datar untuk bisa mengotimalkan pemanfaatan program IT dan menjaga sarana serta prasarana yang dibangun pemerintah Jepang.

1 komentar: