Pages

Rabu, 23 Januari 2013

MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA: PUISI Presentation Transcript (ilmi -14)

MATERI PELAJARAN BAHASA INDONESIA: PUISI Presentation Transcript 

 •    1. Puisi PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII Oleh: AMIN EKO WULANDARIaminekowulandari.blogspot.com LOGO SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    2. Padalah bentuk karya sastrayang menggunakan kata-kata yang indah dan kayamakna SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    3. CIRI-CIRI PUISI1. Terdapat pemadatan segala unsur kekuatan bahasa SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    4. CIRI-CIRICIRI-CIRI PUISI PUISI1. Dalam penyusunannya, unsur- Terdapat pemadatan segala dirapikan, unsur bahasa itu unsur kekuatan dengan diperbagus bahasa memperhatikan irama dan bunyi. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    5. CIRI-CIRI PUISI3. Berisikan ungkapan pikiran dan perasaan penyair yang berdasarkan pengalaman dan bersifat imajinatif. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    6. CIRI-CIRI PUISI4. Bahasa yang dipergunakan bersifat konotatif. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    7. CIRI-CIRI PUISI5. Puisi dibentuk oleh struktur fisik. (tipografi, diksi, majas, rima dan irama) serta struktur batin (tema, amanat, perasaan, nada dan suasana pikir). SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    8. GADIS PEMINTA-MINTA Oleh: Toto Sudarto BachtiarSetiap kali bertemu, gadis kecil berkaleng kecilSenyummu terlalu kekal untuk kenal dukaTengadah padaku, pada bulan merah jambuTapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwaIngin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil Pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok Hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan Gembira dari kemayaan riangDuniamu yang lebih tinggi dari menara katedralMelintas-lintas di atas air kotor, tapi yang begitu kau hafalJiwa begitu murni, terlalu murniUntuk bisa membagi dukakuKalau kau mati, gadis kecil berkaleng kecilBulan di atas itu, tak ada yang punyaDan kotaku, ah kotakuHidupnya tak lagi punya tanda SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    9. “gadis kecil berkaleng kecil ......” kata-kata tersebut digunakan penyair untuk melukiskan gadis itu seorang gembel SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    10. Untuk melukiskan tempat tidur pengap di bawah jembatan, penyair menulis :“Pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok” SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    11. Untuk melukiskan pengemis yangpenuh kemayaan, penyair menulis :“Hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan Gembira dari kemayaan riang” SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    12. Amanat/pesan:“Hargailah dan pikirkanlahmanusia-manusia gembel yangdikategorikan sebagai sampahmasyarakat” SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    13. Bagaimanacaramemperolehmaknapuisi ? SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    14. Makna puisi diperoleh dengan menganalisisstruktur fisik yang berhubungan dengan:• Bagaimana kreatifitas penyair memilih, mengurutkan dan memberi sugesti kata (diksi).• Bagaimana penyair menciptakan pengimajinasian.• Bagaimana penyair menciptakan lambang dan kiasan (majas). SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    15. Dengan mengidentifikasi struktur fisiktersebut dapat ditentukan struktur batinsebuah puisi yang meliputi: • tema • makna • pesan sebuah puisi. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    16. Bagaimanacaramenentukantema puisi ? SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    17. Langkah-langkah caramencari tema sebuahpuisi• membaca secara intensif.• menandai bahasa figuratif.• menentukan gagasan pokok• mencari makna keseluruhan (memparafrasekan). SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    18. LOGO DIKSI ialah pilihan kata. Artinya, seseorang memilih dan menggunakan kata yang tepat untuk menyatakan sesuatu. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    19. MAKNA  Makna denotatif adalah maknaDENOTATIF DAN KONOTATIF  sebenarnya atau makna yang memang sesuai dengan pengertian yang dikandung oleh kata  Makna konotatif ialah bukan maknatersebut.  sebenarnya. Dengan kata lain, makna kias atau makna tambahan. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    20. UNGKAPAN DAN PERIBAHASA  Ungkapan adalah satuan bahasa (kata, frasa, atau kalimat) yang tidak dapat diramalkan berdasarkan unsur-unsur  Peribahasapembentuknya.  adalah kelompok kata atau kalimat yang mengisahkan maksud tertentu berupa perbandingan, pertentangan, sindiran, dan penegasan. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    21. MAJAS  adalah bahasa kias yang dipergunakan untuk menimbulkan kesan imajinatif atau menciptakan efek-efek tertentu bagi pembaca atau pendengarnya. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    22. MAJAS terdiri:  Majas Perbandingan  Majas Pertentangan  Majas Sindiran  Majas Penegasan. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    23. LOGOMajas PerbandinganMajas perbandingan terdiri atas tujuh bentuk berikut:1. Asosiasi atau Perumpamaan Majas asosiasi atau perumpamaan adalah perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berbeda, tetapi sengaja dianggap sama. Majas ini ditandai oleh penggunaan kata bagai, bagaikan, seumpama, seperti, dan laksana. Contoh : a) Semangatnya keras bagaikan baja. b) Mukanya pucat bagai mayat. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    24. LOGOMajas Perbandingan2. Metafora Majas metafora adalah majas perbandingan yang diungkapkan secara singkat dan padat. Contoh : a) Dia dianggap anak emas majikannya. b) Perpustakaan adalah gudang ilmu. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    25. LOGOMajas Perbandingan2. Metafora Majas metafora adalah majas perbandingan yang diungkapkan secara singkat dan padat. Contoh : a) Dia dianggap anak emas majikannya. b) Perpustakaan adalah gudang ilmu. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    26. LOGOMajas Perbandingan3. Personifikasi Personifikasi adalah majas yang membandingkan benda-benda tak bernyawa seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia. Contoh : a) Badai mengamuk dan merobohkan rumah penduduk. b) Ombak berkejar-kejaran ke tepi pantai. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    27. LOGOMajas Perbandingan4. Alegori Alegori adalah majas perbandingan yang bertautan satu dan yang lainnya dalam kesatuan yang utuh. Alegori biasanya berbentuk cerita yang penuh dengan simbol- simbol bermuatan moral. Contoh : Cerita Kancil dengan Buaya dan Kancil dengan Burung Gagak. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    28. LOGOMajas Perbandingan5. Simbolik Simbolik adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan mempergunakan benda-benda lain sebagai simbol atau lambang. Contoh : a) Bunglon, lambang orang yang tak berpendirian b) Melati, lambang kesucian c) Teratai, lambang pengabdian SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    29. LOGOMajas Perbandingan6. Metonimia Metonimia adalah majas yang menggunakan ciri atau lebel dari sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut. Contoh : a) Di kantongnya selalu terselib gudang garam. (maksudnya rokok gudang garam) b) Setiap pagi Ayah selalu menghirup kapal api. (maksudnya kopi kapal api) SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    30. LOGOMajas Perbandingan7. Sinekdokhe Sinekdokhe adalah majas yang menyebutkan bagian untuk menggantikan benda secara keseluruhan atau sebaliknya. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    31. LOGOMajas Perbandingan Majas sinekdokhe terdiri atas dua bentuk berikut. a) Pars pro toto, yaitu menyebutkan sebagian untuk keseluruhan. Contoh : (a) Hingga detik ini ia belum kelihatan batang hidungnya. (b) Per kepala mendapat Rp. 300.000. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    32. LOGOMajas Perbandingan Majas sinekdokhe terdiri atas dua bentuk berikut. b)Totem pro parte, yaitu menyebutkan keseluruhan untuk sebagian. Contoh : (a) Dalam pertandingan final bulu tangkis Rt.03 melawan Rt. 07. (b) Indonesia akan memilih idolanya malam nanti. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI
•    33. LOGOMajas Sindiran1. Ironi Ironi adalah majas yang menyatakan hal yang bertentangan dengan maksud menyindir. Contoh : a) Ini baru siswa teladan, setiap hari pulang malam. b) Bagus sekali tulisanmu sampai tidak dapat dibaca. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI www.themegallery.com
•    34. LOGOMajas Sindiran2. Sinisme Sinisme adalah majas yang menyatakan sindiran secara langsung. Contoh : a) Perkataanmu tadi sangat menyebalkan, tidak pantas diucapkan oleh orang terpelajar sepertimu. b) Lama-lama aku bisa jadi gila melihat tingkah lakumu itu. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI www.themegallery.com
•    35. LOGOMajas Sindiran3. Sarkasme Sarkasme adalah majas sindiran yang paling kasar. Majas ini biasanya diucapkan oleh orang yang sedang marah. Contoh : a) Mau muntah aku melihat wajahmu, pergi kamu! b) Dasar kerbau dungu, kerja begini saja tidak becus! SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI www.themegallery.com
•    36. Majas Penegasan1. Pleonasme Pleonasme adalah majas yang menggunakan kata-kata secara berlebihan dengan maksud menegaskan arti suatu kata. Contoh : a) Semua siswa yang di atas agar segera turun ke bawah. b) Mereka mendongak ke atas menyaksikan pertunjukan pesawat tempur. Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 36
•    37. Majas Penegasan2. Repetisi Repetisi adalah majas perulangan kata-kata sebagai penegasan. Contoh : a) Dialah yang kutunggu, dialah yang kunanti, dialah yang kuharap. b) Marilah kita sambut pahlawan kita, marilah kita sambut idola kita, marilah kita sambut putra bangsa. Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 37
•    38. Majas Penegasan3. Paralelisme Paralelisme adalah majas perulangan yang biasanya ada di dalam puisi. Contoh : Cinta adalah pengertian Cinta adalah kesetiaan Cinta adalah rela berkorban Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 38
•    39. Majas Penegasan4. Tautologi Tautologi adalah majas penegasan dengan mengulang beberapa kali sebuah kata dalam sebuah kalimat dengan maksud menegaskan. Kadang pengulangan itu menggunakan kata bersinonim. Contoh : a) Bukan, bukan, bukan itu maksudku. Aku hanya ingin bertukar pikiran saja. b) Seharusnya sebagai sahabat kita hidup rukun, akur, dan bersaudara. Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 39
•    40. Majas Penegasan5. Klimaks Klimaks adalah majas yang menyatakan beberapa hal berturut-turut dan makin lama makin meningkat. Contoh : a) Semua orang dari anak-anak, remaja, hingga orang tua ikut antri minyak. b) Ketua Rt, Rw, kepala desa, gubernur, bahkan presiden sekalipun tak berhak mencampuri urusan pribadi seseorang. Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 40
•    41. Majas Penegasan6. Antiklimaks Antiklimaks adalah majas yang menyatakan beberapa hal berturut-turut yang makin lama menurun. Contoh : a) Kepala sekolah, guru, dan siswa juga hadir dalam acara syukuran itu. b) Di kota dan desa hingga pelosok kampung semua orang merayakan HUT RI ke-67. Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 41
•    42. Majas Penegasan7. Retorik Retorik adalah majas yang berupa kalimat tanya namun tak memerlukan jawaban. Tujuannya memberikan penegasan, sindiran, atau menggugah. Contoh : a) Kata siapa cita-cita bisa didapat cukup dengan sekolah formal saja? b) Apakah ini orang yang selama ini kamu bangga- banggakan ? Powerpoint Templates SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 42
•    43. Majas Pertentangan1. Antitesis Antitesis adalah majas yang mempergunakan pasangan kata yang berlawanan artinya. Contoh : a) Tua muda, besar kecil, ikut meramaikan festival itu. b) Miskin kaya, cantik buruk sama saja di mata Tuhan. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 43
•    44. Majas Pertentangan2. Paradoks Paradoks adalah majas yang mengandung pertentangan antara pernyataan dan fakta yang ada. Contoh : a) Aku merasa sendirian di tengah kota Jakarta yang ramai ini. b) Hatiku merintih di tengah hingar bingar pesta yang sedang berlangsung ini. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 44
•    45. Majas Pertentangan3. Hiperbola Majas hiperbola adalah majas yang berupa pernyataan berlebihan dari kenyataannya dengan maksud memberikan kesan mendalam atau meminta perhatian. Contoh : a) Suaranya menggelegar membelah angkasa. b) Tubuhnya tinggal kulit pembalut tulang. SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 45
•    46. Majas Pertentangan4. Litotes Litotes adalah majas yang menyatakan sesuatu dengan cara yang berlawanan dari kenyataannya dengan mengecilkan atau menguranginya. Tujuannya untuk merendahkan diri. Contoh : a) Makanlah seadanya hanya dengan nasi dan air putih saja. b) Mengapa kamu bertanya pada orang yang bodoh seperti saya ini? SMKN 1 PLOSOKLATEN KEDIRI Page 46


Tidak ada komentar:

Posting Komentar