Pages

Selasa, 22 Januari 2013

TOKOH IDOLA (Crismona -07)

A. Menceritakan Tokoh Idola
1. Pengertian Tokoh Idola
Tokoh Idola adalah sesosok orang, kelompok orang yang karena suatu kelebihan yang dimilikinya sehingga dapat menarik perhatian seseorang. Tentunya kita mempunyai sesosok tokoh idola yang kita puji-puji saat ini. Tokoh idola itu bisa jadi seorang bintang film, penyanyi, orang tua, guru, grup band, tokoh politik, tokoh masyarakat dan lain-lain.

2. Mengidentifikasi identitas dan keunggulan tokoh idola serta alasannya
Ketika kita telah mengidolakan seseorang, tentunya ada suatu keingintahuan kita untuk dapat mengenal identitas tokoh yang dimaksud. Identitas itu dapat diperoleh dari berbagai macam sumber. Selain itu, kita juga biasanya mengetahui keunggulan apa yang dimiliki tokoh idola tersebut, mungkin dari segi keahliannya dalam bernyanyi, sifatnya yang baik hati, wajah yang menarik dan lain sebagainya. Untuk dapat mengidentifikasi tokoh idolamu, coba baca dan perhatikan contoh naskah dibawah ini.

Tokoh Idola

Jika ditanya mengenai tokoh idola, Saya cenderung mengidolakan kelompok musik nasyid Edcoustic. Grup nasyid ini digawangi oleh dua orang, yakni Aden sebagai Vokalis dan Eggie sebagai gitaris. Meskipun aliran musik nasyid yang mereka bawakan bergenree akustik, namun saya merasakan ada sentuhan yang sangat dalam ketika saya mendengarkan lagu-lagunya.
Lagu yang paling saya suka adalah lagu yang berjudul Muhasabah Cinta, lagu ini berisi tentang pengakuan seseorang yang kurang menyukuri suatu nikmat yang diberikan Allah SWT, Apalagi aku sangat menyukai salah satu liriknya yang berbunyi, “Butir-butir cinta air mataku, teringat semua yang Kau beri untukku. Ampuni khilaf dan salah selama ini ya Illahi, Muhasabah cintaku.”
Nah, bahkan lirik-lirik lagu Edcoustic sering saya update di dalam status facebook saya. Dan tak sedikit teman di facebookku yang memberikan jempolnya pada statusku. Pokoknya, Edcoustic itu top banget deh!
(Alvian Kurniawan)


3. Ciri-ciri Cerita Tokoh Idola
Dilihat dari contoh cerita di atas, diketahui bahwa ketika bercerita tentang tokoh idola terdapat beberapa ciri, yaitu:
a. Ditulis dengan bahasa yang ekspresif,
b. Mempergunakan tokoh orang pertama untuk si pencerita, dan tokoh orang ketiga sebagai tokoh yang diidolakan.
c. Bersifat naratif-deskriptif atau cerita yang memberikan suatu gambaran,
d. Mengandung hubungan kausalitas atau sebab-akibat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar